HALAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY PROGRAM IN INDONESIA

Authors

  • Suesilowati Akademi Pariwisata Pertiwi
  • Rina Ekawati Akademi Pariwisata Pertiwi

Keywords:

halal pariwisata, peluang, tantangan, strategi, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan pariwisata halal serta kondisi lingkungan internal dan eksternal sesuai strategi untuk program pengembangan pariwisata halal di Indonesia dapat dirumuskan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Peneliti menggunakan metode kualitatif seperti analisis SWOT berdasarkan IFAS matriks (Analisis Faktor internal Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary) dan analisis matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). strategi khusus dari analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), yaitu: strategi SO (Opportunity Kekuatan), strategi ST (Strength Threat), strategi WO (Peluang Kelemahan) dan strategi WT (Weakness Threat). analisis hasil Pelaksanaan Pariwisata Halal di Indonesia menunjukkan pada kuadran II, yang merupakan Strategi Diversifikasi, yang akibatnya strategi yang akan dikembangkan, termasuk mengembangkan program pendidikan publik yang baik tentang agama, budaya, manajemen pariwisata untuk sumber daya manusia di Indonesia, serta individu program pendidikan Halal strategi pengembangan Pariwisata sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Published

2023-02-27