13 KESESUAIAN ANTARA BAHAN AJAR DENGAN PROSES BELAJAR (Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Akademi Pariwisata Pertiwi Jakarta)

Authors

  • Farrah Akademi Pariwisata Pertiwi
  • Najumi Waliyah Tesya Akademi Pariwisata Pertiwi

Keywords:

bahan ajar, pembelajaran, kewirausahaan

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang bahan ajar untuk proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan kepada Mahasiswa di Akademi Pariwisata Pertiwi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kesesuaian bahan ajar untuk proses pembelajaran dalam mata kuliah kewirausahaan di Akademi Pariwisata Pertiwi. Dalam penelitian ini, penulis menentukan variabel independen dan dependen. Variabel bebasnya yaitu bahan ajar (X), sedangkan variabel dependennya adalah proses pembelajaran (Y). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena tidak berhadapan dengan angka atau statistik. Peneliti mengambil data dengan melihat nilai data yang diperoleh dari hasil tes siswa. Serta untuk menguatkan peneliti menggunakan teknik wawancara kepada seluruh siswa Akademi Pariwisata Pertiwi semester VI, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar (RPS, Silabus, dan modul) dengan proses pembelajaran ada kesesuaiannya dapat dilihat dengan pengajaran laporan namun dalam hal ini, dosen berkolaborasi antara silabus kewirausahaan I dan II sehingga pada saat Siswa belajar untuk mengingatkan teori bahwa ada di babak pertama, sehingga bisa dibuktikan bahwa dari 16 siswa, 14 siswa mendapatkan nilai B dan dua siswa lainnya mendapatkan nilai A.

Published

2023-02-27