ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI THE TERRACE CAFÉ KOPERASI BAPPENAS

Authors

  • Rati Dwi Astuti Universitas Pertiwi

Keywords:

faktor pengaruh, faktor pembelian, keputusan pembelian

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi seorang pembeli dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk atau jasa. Faktor-faktor tersebut antara lain: produk, lokasi, harga, promosi, dan layanan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli membeli makanan di The Terrace Cafe. The Terrace Cafe merupakan kafe yang dikelola oleh Koperasi Perencanaan Pembangunan Nasional (Koperasi BAPPENAS) yang menjual makanan dan minuman kepada karyawan dan masyarakat. The Terrace Cafe berlokasi di Jalan Taman Suropati No.2, Jakarta 10310. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam hal ini adalah seluruh masyarakat yang berada di sekitar The Terrace Café, dan sampelnya adalah masyarakat yang membeli makanan di The Terrace Café. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik non-probability sampling dan metode Accidental Sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kontribusi variabel independen (analisis faktor: produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah sebesar 67,5% yang berarti variabel independen mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen.

Additional Files

Published

2023-11-30