PERANCANGAN KARTU BERGAMBAR “SAKADANG KUYA JEUNG SAKADANG MONYET” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LUTFIA KOTA BANDUNG

Authors

  • Kaffah Imanuddin MR Santosa Universitas Pertiwi

Keywords:

membaca, media pembelajaran, kartu bergambar, anak-, flash card

Abstract

Pada masa anak usia dini terjadi tahapan perkembangan penting yang dinamakan masa golden age dimana terjadi perkembangan fisik, motorik, intelektual, emosional, bahasa dan sosial yang pesat pada anak usia dini. Adapun aspek perkembangan yang diperlukan anak usia dini menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2013 yaitu nilai agama dan moral, fisik dan motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional, dan seni. Oleh karena itu, Taman Kanak-Kanak mempunyai tugas untuk memenuhi dan memaksimalkan pembelajaran yang menyangkut keenam aspek perkembangan tersebut. Salahsatunya adalah TK Lutfia yang berada di kelurahan Sukapada Kota Bandung telah menggunakan pembelajaran menggunakan metode ALBA beserta kartu huruf bergambar yang merupakan kreasi tangan sederhana. Penulis mencoba memberikan solusi dengan merancang kartu bergambar yang menarik secara visual serta menggunakan metode bercerita dengan mengangkat tema fabel tradisional “Sakadang Kuya jeung Sakadang Monyet”dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan keenam aspek pertumbuhan anak usia dini. Perancangan ini telah diujicoba di TK Lutfia dengan hasil yang baik yakni anak-anak antusias ketika memahami cerita yang disampaikan maupun ketika bermain menyusun kata.

Downloads

Published

2023-05-30 — Updated on 2023-08-25

Versions

How to Cite

PERANCANGAN KARTU BERGAMBAR “SAKADANG KUYA JEUNG SAKADANG MONYET” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LUTFIA KOTA BANDUNG. (2023). Jurnal Stars, 2(1 Mei), 1-10. https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/stars/article/view/181 (Original work published 2023)