ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES: STUDI KASUS KEMASAN BASKIN ROBBINS DAN MCD YANG BERKOLABORASI DENGAN BTS

Authors

  • Nofia Natasari Universitas Pertiwi
  • Oceu Apristawijaya Universitas Pertiwi

Keywords:

Baskin Robbins, McDonald's, Semiotika, BTS, Roland Barthes

Abstract

Abstrak— Penelitian ini menganalisis kemasan produk Baskin Robbins dan McDonald's yang bekerja sama dengan grup musik BTS menggunakan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus pada interpretasi dan pemahaman mendalam terhadap pesan-pesan yang tersembunyi dalam desain kemasan. Analisis semiotika Barthes digunakan untuk mengidentifikasi tanda-tanda (signs) yang ada dalam kemasan, termasuk tanda-tanda denotatif dan konotatif, serta untuk mengungkap makna-makna yang terkait dengan kolaborasi BTS.

Studi ini melibatkan tahap pengumpulan data melalui observasi visual dan analisis teks yang terkait dengan kemasan Baskin Robbins dan McDonald's yang memiliki elemen-elemen kolaborasi BTS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemasan-kemasan ini mengandung tanda-tanda yang merujuk pada identitas BTS, seperti logo grup dan elemen visual yang terkait dengan gaya estetika mereka. Penggunaan warna-warna cerah dan elemen visual yang beragam memberikan pesan konotatif tentang kegembiraan, kreativitas, dan semangat kolaborasi antara merek dan BTS.

Selain itu, analisis juga mengungkapkan adanya konstruksi makna melalui pemilihan kata-kata dan frasa-frasa pendukung pada kemasan. Tidak hanya berfokus pada produk itu sendiri, tetapi juga menciptakan narasi mengenai kebersamaan, kesenangan, dan keunikan. Kolaborasi dengan BTS ditampilkan sebagai cara untuk memperkuat nilai-nilai positif ini dan menghubungkan produk dengan pemirsa yang mengagumi grup musik tersebut.

Secara keseluruhan, penelitian ini menggambarkan bagaimana analisis semiotika Roland Barthes dapat digunakan dalam konteks kemasan produk untuk mengungkap makna-makna yang tersembunyi dan strategi komunikasi visual. Hasil penelitian memberikan wawasan tentang bagaimana tanda-tanda visuaisual digunakan untuk membangun makna, menciptakan identitas merek, dan mengaitkan produk dengan nilai-nilai yang diinginkan. Metodologi penelitian kualitatif memberikan pemahaman yang mendalam tentang persepsi konsumen terhadap kolaborasi BTS dan bagaimana hal itu tercermin dalam kemasan produk.

 

References

Bramantyo, T. B. P. (2003). Konteks semiotika kesenian dalam kajian kebudayaan. Panitia Dies Natalis ISI.

Natasari, N. (2021). STANDARISASI PERAYAAN TRADISI MAULID NABI DI MASYARAKAT BANTEN.

Natasari, N. (2021). Tradisi Panjang Mulud Di Kesultanan Banten Lama Analisis Semiotika Roland Barthes. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, 25(1), 93–101.

Tampilan ANALISIS ISLAMIC MARKETING MIX PRODUK McDONALD’S BTS MEAL DI INDONESIA. (t.t.). Diambil 30 Agustus 2023, dari https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/133/118

Yoel, D. A., Massie, J. D. D., & Tielung, M. V. J. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVD-19 PADA BASKIN-ROBBINS MANADO TOWN SQUARE. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36171

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES: STUDI KASUS KEMASAN BASKIN ROBBINS DAN MCD YANG BERKOLABORASI DENGAN BTS. (2023). Jurnal Stars, 2(1 Mei), 29-33. https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/stars/article/view/194