ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA REPRESENTASI SIMBOLIS DALAM FILM KEMBANG API: KAJIAN TERHADAP BAHASA VISUAL DAN MAKNA

Authors

  • Nofia Natasari

Keywords:

Kembang api, Urip Iku Urup, Semiotika, Roland Barthes, Film, Simbol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi simbolis dalam film kembang api dengan fokus pada bahasa visual dan makna. Manusia selalu berusaha menyampaikan pesan melalui berbagai media, dan film sebagai seni audio-visual memanfaatkan gambar bergerak, suara, dan kata-kata untuk memengaruhi penonton. Simbol-simbol visual dalam film menjadi integral dalam pemahaman makna dan pesan. Roland Barthes, seorang tokoh semiotika Prancis, memberikan kontribusi besar melalui pendekatannya terhadap tanda-tanda. Penelitian ini memilih film kembang api sebagai objek penelitian karena kekayaan visual dan simboliknya. Metode yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes, dengan memilih adegan-adegan signifikan dan menerapkan konsep-konsep dasar semiotika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa film ini mengeksplorasi tema pilihan hidup, trauma, dan ketidakmampuan untuk menghindari keadaan awal. Penggunaan kembang api sebagai elemen fantastis menciptakan dimensi dramatis dan siklus tak terputus, memicu refleksi filosofis tentang kompleksitas eksistensi manusia. Dalam konteks semiotika Barthes, elemen-elemen seperti bola kembang api, kue ulang tahun, dan ledakan memiliki makna denotatif dan konotatif yang membentuk pesan kompleks. Kembang api, selain dari aspek fisik dan teknis, juga memiliki konotasi keindahan, simbolisme, emosi, dan kaitannya dengan tradisi budaya. Analisis semiotika ini memberikan pemahaman mendalam tentang makna simbolik dalam film kembang api, menggabungkan unsur visual dengan konsep-konsep filosofis dan eksistensial. Implikasi penelitian ini adalah kontribusi pada pemahaman bahasa visual dalam seni film, khususnya dalam konteks spektakuler seperti kembang api, membuka jendela baru dalam memahami kompleksitas visual dalam karya seni film.

References

Khotima, N. A., & Syihabuddin, S. (2023). Korelasi Keinginan Bunuh Diri dengan Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Film “Kembang Api” Karya Herwin Novianto. IdeBahasa, 5(2), 228–240.

Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika dalam film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138.

Nanda, F. (2020). Analisis Semiotika Makna Representasi Perjuangan Anak Dalam Film Surat Kecil Untuk Tuhan Versi Remake Tahun 2017 [PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU]. http://repository.uin-suska.ac.id/25443/

Natasari, N. (2021). Tradisi Panjang Mulud Di Kesultanan Banten Lama Analisis Semiotika Roland Barthes. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, 25(1), 93–101.

Profil Pemain Film Kembang Api, Segera Tayang di Bioskop Halaman all—Kompas.com. (t.t.-a). Diambil 15 Februari 2024, dari https://entertainment.kompas.com/read/2023/02/21/203553566/profil-pemain-film-kembang-api-segera-tayang-di-bioskop?page=all

Purba, I. S., & Wibowo, A. A. (2023). REPRESENTASI GANGGUAN KESEHATAN MENTAL DALAM FILM “KEMBANG API” ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3181–3191.

Wahyuningsih, S., & Sos, S. (2015). Komunikasi visual. Madura: UTM Press. https://komunikasi.trunojoyo.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/sri-wahyuni-final-Edisi-2.pdf

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA REPRESENTASI SIMBOLIS DALAM FILM KEMBANG API: KAJIAN TERHADAP BAHASA VISUAL DAN MAKNA. (2023). Jurnal Stars, 2(1 Mei). https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/stars/article/view/260